Cara Cek NUPTK Online, Begini Langkah Mudahnya

Lpmpmalut.id – Cara cek NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), mudah dan cepat menggunakan nama atau NIK online 2023. Ini akan menjadi referensi terbaik yang bisa kamu lakukan kapan saja. Khususnya bagi kamu para tenaga pendidik yang masih berstatus honorer hingga saat ini di Indonesia.

Kamu bisa dengan mudah melakukan pengecekan nomor NUPTK yang dimiliki. Dimana dalam artikel ini kami sudah menyediakan rujukan mengenai hal terkait yang bisa kamu praktekkan tutorialnya sesuai kebutuhan. Jadi, kamu bisa tahu nomor unik yang diberikan pada setiap tenaga kependidikan Indonesia.

NUPTK sendiri, memang dipergunakan sebagai identitas guru atau tenaga kependidikan tersebut untuk berbagai keperluan seperti verifikasi data, membuat surat pengantar, dan lainnya. Nah, untuk mengetahui informasi terkait fungsi dan cara cek NUPTK, silahkan simak artikel kali ini hingga selesai.

Apa Itu Cara Cek NUPTK?

Cara cek nuptk status

Cara cek NUPTK, merupakan metode yang bisa dilakukan seseorang untuk mengetahui berapa nomor NUPTK yang dimiliki. Dimana, sebelum melakukan pengecekan, kamu memang harus mengajukan NUPTK terlebih dahulu. Tentu saja kamu harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan Kemendikbud.

Syarat umum yang diwajibkan untuk membuat NUPTK ini seperti memiliki NIK/ Nomor Induk Kependudukan, NISN/ Nomor Induk Siswa Nasional, sertifikat pendidikan sesuai, sekaligus memiliki status guru atau tenaga kependidikan terdaftar. Setelah itu, kamu bisa membuat NUPTK secara mudah.

Bisa dikatakan jika NUPTK adalah dokumen penting setiap guru atau tenaga kependidikan di Indonesia. Tentu saja akan digunakan sebagai identitas, dan diperlukan untuk pengajuan tunjangan guru atau program diselenggarakan Kemendikbud. Artinya, tenaga pendidik harus memiliki NUPTK yang resmi.

Sedangkan, untuk melakukan pengecekan NUPTK ini, seseorang bisa menggunakan website Dapodikdas. Atau bisa juga dengan menghubungi Dinas Pendidikan setempat, bahkan menggunakan dukungan aplikasi SIMPEG/ Sistem Informasi Manajemen Pegawai, menggunakan browser di Android.

Apa Saja Syarat Untuk Mengajukan NUPTK?

cek status nuptk

Sebelum kita lanjut membahas bagaimana cara cek NUPTK? Sebaiknya kamu pahami saja dulu apa syarat yang dibutuhkan agar pengajuan kamu disetujui. Dimana kamu wajib untuk menyertakan dokumen pendaftaran NUPTK, supaya dapat diproses cepat oleh pihak terkait atau dinas pendidikan setempat.

Beberapa syarat yang dibutuhkan, adalah:

  1. WNI/ Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki NIK/ Nomor Induk Kependudukan.
  3. Memiliki NISN/ Nomor Induk Siswa Nasional.
  4. Lulus S1 atau D4 jurusan Pendidikan.
  5. Atau memiliki sertifikat keahlian lembaga resmi.
  6. Bekerja sebagai guru.
  7. Atau sebagai tenaga kependidikan (Sekolah Atau Lembaga Terdaftar Dan Memenuhi Syarat).
  8. Tidak memiliki NUPTK sebelumnya.

Kamu perhatikan syarat diatas satu per satu dan lampirkan saat ingin mengajukan pembuatan NUPTK. Ingat! Jangan sampai ada salah satu syarat yang tertinggal, karena bisa jadi pengajuan kamu akan ditolak. Sementara untuk mengajukan NUPTK tersebut, kamu bisa menyimak tutorialnya dibawah ini!

Mudah Dan Cepat! Begini Cara Cek NUPTK Ke Diknas!

cek nuptk berdasarkan nama

Bagi kamu yang belum memiliki NUPTK, maka bisa dengan mudah mengajukannya ke Dinas Pendidikan setempat. Kamu bisa melakukan pengajuan secara online menggunakan perangkat yang kompatibel. Tentu saja ini akan semakin mempermudah kamu untuk mendapatkan pelayanan yang ringkas.

  • Pertama silahkan masuk ke website Dapodikdas, di https://dapodikdas.kemdikbud.go.id/.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu “Pendaftaran“.
  • Setelah itu, silahkan kamu tekan opsi “Pendaftaran NUPTK“.
  • Jangan lupa sertakan Nomor Induk Kependudukan/ NIK.
  • Selanjutnya, sertakan juga Nomor Induk Siswa Nasional/ NISN.
  • Tekan sekarang tombol “Cek Data“.
  • Lalou segera isi formulir pendaftaran sesuai data diri.
  • Kemudian segera upload scan atau foto dari dokumen diperlukan.
  • Dokumen dimaksud seperti: sertifikat pendidikan, SK guru/ tenaga kependidikan, dan foto copy KTP.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan opsi “Kirim” untuk pengajuan.
  • Pastikan data yang dimasukkan ke formulir pendaftaran sesuai.
  • Tujuannya, agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Jika semua langkah diatas sudah kamu lakukan, maka tinggal menunggu konfirmasi beberapa saat. Setelah itu, kamu sudah bisa mengetahui atau mendapatkan berapa nomor NUPTK yang menjadi milik sendiri. Kemudian, NUPTK tersebut bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan terkait.

Cara Cek NUPTK Syarat Pengajuan Guru Honorer

cara cek nuptk online

Nah, bagi kamu yang hingga saat ini masih berstatus sebagai guru atau tenaga pendidikan honorer. Maka kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara cek NUPTK. Namun, sebelum itu, perhatikan dulu apa saja syarat pengajuan untuk membuatnya, seperti dibawah ini:

  1. WNI/ Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki NIK/ Nomor Induk Kependudukan.
  3. Memiliki NISN/ Nomor Induk Siswa Nasional.
  4. Lulus S1 atau D4 jurusan Pendidikan.
  5. Atau memiliki sertifikat keahlian lembaga resmi.
  6. Bekerja sebagai honorer di sekolah.
  7. Atau bekerja di lembaga terdaftar dan memenuhi syarat.
  8. Tidak mempunyai NUPTK sebelumnya.
  9. Punya SKH/ Surat Keterangan Honorer Dinas Pendidikan setempat.

Sementara untuk pengajuan NUPTK sebagai guru atau tenaga pendidikan honorer. Kamu bisa mengikuti langkah yang sama seperti dijelaskan pada laman atas tadi. Ingat/ penuhi dulu semua syaratnya dan ikuti langkah pengajuan dan pengecekannya secara benar dan tepat.

Syarat Dan Cara Cek NUPTK Lainnya Tahun 2023

cara cek nuptk

Selain tutorial atau cara cek NUPTK yang sudah dijelaskan pada laman atas tadi. Kamu juga bisa mempelajari metode lainnya yang tidak kalah mudah dilakukan. Bisa memahami tutorialnya satu per satu, maka segera simak penjelasan berikut dengan seksama.

Langkah Cek NUPTK Via Online

Untuk langkah atau cara cek NUPTK secara online, kamu bisa melakukannya secara mudah. Dimana kamu juga menyertakan langkah per langkah yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan supaya tidak salah. Nah, agar kamu bisa lebih paham, maka ikuti saja langkahnya secara berurutan berikut ini!

  • Buka sulu situs/ website Dapodikdas di https://dapodikdas.kemdikbud.go.id/.
  • Tekan menu “Pencarian Data“.
  • Tekan lagi “Cari NUPTK”.
  • Selanjutnya tekan tombol “Cari”.
  • Apabila ditemukan, akan muncul infor tentang guru atau tenaga kependidikan.
  • Jika salah, maka akan muncul pesan kesalahan.

Upayakan melakukan lengkah diatas ini terhindar dari kesalahan, karena bisa mengakibatkan kegagalan. Jika terjadi miss. Maka ulangi saja langkahnya dari awal dan ingat, jangan sampai ada poin yang dilewatkan. Agar pengecekan yang kamu lakukan berjalan lancar dan tidak ada hambatan sama sekali.

Cek NUPTK Menggunakan Nama

Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara cek NUPTK menggunakan nama. Hal ini juga bisa dilakukan secara mudah dan ringkas. Hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah bisa mengetahui berapa NUPTK yang dimiliki. Silahkan kamu simak dengan benar penjelasan berikut!

  • Silahkan masuk ke website Dapodikdas https://dapodikdas.kemdikbud.go.id/.
  • Klik opsi “Pencarian Data“.
  • Klik lagi opsi “Cari NUPTK“.
  • Input nama guru atau tenaga kependidikan pada kolom “Nama”
  • Lalu silahkan klik opsi “Cari”.
  • Cek NUPTK dengan klik tombol “Lihat” di samping nama.

Sama halnya seperti tutorial yang kami bagikan di halaman atas, kamu mesti mengikuti langkahnya secara benar. Pastikan juga jika koneksi internet yang kamu akses selalu stabil. Atau, kamu juga bisa menggunakan jaringan Wifi supaya proses cara cek NUPTK bisa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Semoga ini bermanfaat!

Baca Juga Artikel Lainnya:

You May Also Like

About the Author: Beni Pranowo