4 Cara Cek Pajak Kendaraan Online Lewat HP

Lpmpmalut.id – Kamu harus tahu bagaimana cara cek pajak kendaraan menggunakan metode online. Dimana langkah semacam ini bisa kamu lakukan kapan saja saat ingin mengetahui apakah pajak kendaraan sudah perlu dibayar atau tidak. Tentu saja untuk antisipasi para pengendara agar tidak terkena sanksi denda

Selain itu, jika kamu secara konsisten membayar pajak kendaraan, maka Surat Tanda Nomor Kendaraan/ STNK akan tetap aktif. Artinya, kamu bisa meminimalisir resiko berkendara meskipun di pusat kota atau tempat lain. Karena pajak juga merupakan hal penting dan menjadi kelengkapan berkendara.

Jadi, siapa saja pengguna kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat, wajib membayar pajak setiap tahun. Dimana biaya pajak tersebut akan disesuaikan dengan nilai jual dari kendaraan yang digunakan. Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya secara lengkap berikut!

Mengapa Harus Tahu Cara Cek Pajak Kendaraan?

Cara Cek Pajak Kendaraan

Sebagai warga negara yang baik, tentu saja kita wajib membayar pajak tepat waktu. Sehingga kita secara langsung mendukung perkembangan negara dengan membayar pajak kendaraan secara konsisten. Nah, kamu bisa mengetahui bagaimana cara cek pajak kendaraan dari penjelasan artikel ini.

Metode ini bisa kamu lakukan secara online, dan hanya memerlukan perangkat digital yang terkoneksi ke jaringan internet. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mendapatkan informasi apakah kendaraan kamu sudah wajib bayar pajak atau belum. Apalagi, metode ini akan sangat mudah dimengerti pengguna.

Pajak kendaraan bermotor atau PKB, merupakan jenis pajak atas kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi, tiap-tiap pemilik kendaraan bermotor secara legal, maka diwajibkan membayar pajak tepat waktu. Hal ini mencakup jenis kendaraan baik yang dioperasikan di air, maupun yang dioperasikan di darat.

Kemudian, hasil dari pungutan pajak PKB ini akan dialokasikan ke biaya pemerintahan daerah dan pembangunan daerah. Artinya, saat kita membayar pajak, maka secara langsung kita akan mendukung majunya daerah sekaligus sebagai pendukung berjalannya pemerintahan di daerah masing-masing.

Manfaat yang bisa dirasakan seorang wajib pajak yakni sumber pendapatan daerah, biaya penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk pembangunan, pemeliharaan jalan, peningkatan moda dan sarana transportasi umum, peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota, dan ketenangan dan kepastian hukum wajib pajak.

Rajin Bayar Pajak? Ini Dia Cara Cek Pajak Kendaraan Online!

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa kamu bisa dengan mudah mempelajari cara cek pajak kendaraan secara online. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui apakah kendaraan yang digunakan sudah harus bayar pajak atau belum. Coba kamu perhatikan beberapa metode yang kami bagikan!

Cara Cek Pajak Kendaraan Via Website Samsat 

Cara Cek Pajak Kendaraan oline

Metode atau cara cek pajak kendaraan online yang pertama, adalah dengan memanfaatkan layanan dari laman resmi alias website Samsat. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai wajib pajak dan lainnya saat mengakses website ini. Caranya mudah, kamu hanya perlu ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Buka ponsel Android kamu.
  • Masuk ke website resmi Samsat di samsat.info.
  • Atau bisa juga lewat laptop di situs resmi daerah, www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta.
  • Atau di bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ untuk Jawa Barat.
  • Setelah masuk isilah data kendaraan.
  • Isi nomor polisi kendaraan disertai nomor induk kependudukan.
  • Setelah itu, klik melanjutkan proses. 
  • Kemudian kamu akan mendapat informasi mengenai biaya pajak.
  • Namun biaya pajak di website belum termasuk denda keterlambatan/ pajak progresif.
  • Sampai disini, kamu sudah mengetahui apakah wajib bayar atau belum.
  • Jika tenggat waktu bayar pajak sudah dekat, sebaiknya kamu langsung bayar saja.
  • Supaya kamu tetap bisa menggunakan kendaraan dan bebas dari sanksi berlaku.

Nah, kami yakin kamu sudah paham mengenai cara untuk pengecekan pajak secara online seperti yang dibagikan di atas. Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari metode pengecekan pajak lainnya yang juga sudah kami rangkum. Ini akan bagus bagi kamu untuk menambah pengetahuan tentang hal terkait.

Cek Pajak Kendaraan Menggunakan Aplikasi e-Samsat Sambara

Cara Cek Pajak Kendaraan

Selain menggunakan metode atau cara seperti diatas, kamu juga bisa menggunakan meto online lainnya. Kamu bisa memanfaatkan layanan yang ada dalam aplikasi e-Samsat. Hal ini juga bisa mempermudah kamu mendapatkan informasi berguna terkait tenggat waktu bayar pajak atau berbagai informasi lainnya.

  1. Unduh aplikasi e-Samsat Sambara di Playstore.
  2. Bisa unduh Sambara atau Samsat Online Nasional. 
  3. Log-in ke aplikasi e-Samsat.
  4. Masukkan data diri (NIK).
  5. Masukkan juga data kendaraan (Nomor Polisi).
  6. Ada pilihan menu dalam aplikasi e-Samsat.
  7. Untuk cek pajak mobil atau motor, pilih menu Pendaftaran.
  8. Akan ada instruksi pengisian formulir.
  9. Isi formulir dan data akurat.
  10. Akan mendapatkan info mengenai nilai pajak, tanggal jatuh tempo, dan jatuh tempo STNK.
  11. Kamu mendapatkan kode bayar setelah mengisi formulir pajak.
  12. Perhatikan juga beberapa pilihan pembayaran.
  13. Pembayaran dilakukan di bank, seperti bank BUMN, daerah, juga BCA. 

Sama halnya seperti informasi diatas, jika memang tenggat waktu pajak kendaran kamu sudah akan habis. Maka segera bayar pajak pada tempat yang terdekat dengan alamat kamu. Kamu bisa membayar pajak di bank, atau bahkan datang langsung ke kantor Samsat di kota tempat kamu tinggal.

Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat Layanan SMS

Siapa bilang layanan SMS tidak bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan? Justru ini merupakan langkah termudah bagi kamu para pengguna ponsel Android atau lainnya. Dimana kamu bisa  melakukan pengecekan dengan langkah berurutan, hingga mendapatkan informasi yang juga akurat.

Namun, metode ini memang baru bisa dilakukan untuk beberapa provinsi saja seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Langkahnya juga tidak ribet dan cukup mudah. Nah bagi kamu yang berada pada beberapa provinsi yang disebutkan tai, bisa menyimak caranya dibawah ini.

  • Pertama buka ponsel.
  • Masuk menu SMS.
  • Lalu ketik kode provinsi masing-masing.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nomor plat kendaraan.
  • Contoh SMS= Kode Provinsi (spasi) B8887KKG.
  • Lalu kirim ke 1717. 
  • Pastikan bayaran pajak sebelum jatuh tempo.
  • Proses selesai.

Upayakan format SMS yang kamu kirimkan tidak salah, sehingga informasi yang didapatkan juga akurat. Namun, kamu pastikan dulu bahwa pulsa kartu provider yang digunakan cukup untuk mengirimkan SMS. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan informasi sesuai keinginan.

Langkah Mudah Bayar Pajak Motor Via Samsat Keliling

  1. Pertama pastikan kamu tidak memiliki tunggakan pajak lebih dari 1 tahun.
  2. Siapkan e-KTP sesuai STNK serta fotokopi.
  3. Siapkan juga BPKB asli serta fotokopi.
  4. Jika belum ada, gunakan surat pengantar dari leasing.
  5. Bawa juga STNK asli serta fotokopi.
  6. Lalu silahkan datang ke Samsat Keliling.
  7. Serahkan dokumen persyaratan.
  8. Petugas akan memverifikasi data.
  9. Tunggu petugas memanggil.
  10. Petugas akan menyebutkan nominal pajak.
  11. Bayar pajak sesuai nominal ditentukan.
  12. Simpan bukti pembayaran untuk mengambil STNK.
  13. Ambil STNK sebagai bukti pengesahan pajak.
  14. Proses selesai.

Untuk pengambilan STNK, kamu bisa datang ke kantor Samsat terdekat. Lalu tunjukkan bukti pembayaran pajak yang sudah dilakukan. Setelah itu, kamu bisa bebas berkendara dengan pajak yang aktif dan minim dari resiko atau sanksi lainnya.

Sementara untuk rujukan cara cek pajak kendaraan, kamu bisa memilih salah satu metode yang sudah dibagikan pada laman atas tadi. Kamu juga bisa membagikan pengalaman ini kepada teman lainnya dengan cara yang mudah.

Bayar pajak secara konsisten!

You May Also Like

About the Author: Beni Pranowo