Kapal Tenggelam Dihantam Badai 6 Nelayan LamSel Selamat

lpmpmalut.id – Kapal Tenggelam Dihantam Badai Nelayan Lampung Selatan Selamat, cuaca buurung yang terjadi di beberapa wilayah lampung akhir akhir ini menimbulkan gelombang laut yang cukup menghawatirkan.

Terlebih lagi untuk para nelayang di wilayah pesisir lampung yang memang sangat mengandalkan laut sebagi mata pencarian mereka.

Walaupun dalam keadaan cuaca yang tidak menentu mereka tetap harus melaut guna memenuhi kebuthan harian mereka dan keluarganya.

Setiap harinya para nelayan berangkat ketengah laut untuk mencari ikan dan menjualnya pada pagi harinya di pasar atau ke tengkulak yang siap menampung ikan ikan yang mereka cari.

Kapal Tenggelam Dihantam Badai Nelayan Lampung Selatan Selamat

Kapal Tenggelam Dihantam Badai

Kapal Motor (KM) Sri Muncul dilaporkan tenggelam, 6 orang ABK berhasil selamat, Kamis (04/01/2024).

Kejadian berawal ketika KM Sri Muncul berangkat hari Rabu (03/01/2024) pukul 04.00 WIB dari Dermaga Boom Lampung Selatan menuju Pulau Legundi untuk mencari ikan dengan POB (Person On Board) 6 orang.

Sekitar pukul 22.00 WIB, nahkoda kapal atas nama Carmin (60), menelpon keluarganya bahwa perahu mereka hampir tenggelam karena di hantam badai. Kemudian pihak keluarga langsung menggerakan perahu dari Teluk dan dari Kalianda untuk melakukan pencarian dan bantuan.

Setibanya di lokasi sekitar Pulau Legundi, mereka hanya menemukan jeriken dan pelampung, kemudian salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Sar Lampung.

Selain Carmin, ABK lain yakni Iwan (30), Nawi (25), Putra (25), Ari (25), dan Amir (50).

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah langsung mengerakan 1 tim Rescue Pos SAR Bakauheni dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Sekitar pukul 10.50 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 4 orang korban dalam keadaan selamat di sekitar perairan pulau tiga dan 2 orang lainnya di sekitar dermaga pulau Sebuku dalam kondisi selamat. Kemudian 6 korban tesebut langsung dievakuasi menuju Dermaga Boom dengan menggunakan Kapal Dinas Sosial.

Sekian informasi dari kabupan lampung selatan semoga berita ini bermanfaat dan membuat kita lebih berhati-hati di sekitar laut.

You May Also Like

About the Author: Beni Pranowo