Kemdikbud Berikan BBPPMPV BMTI Award Kepada 5 SMK Di Lampung

lpmpmalut.id – Kemdikbud Berikan BBPPMPV BMTI Award Kepada 5 SMK Di Lampung, Akhir tahun 2023, menjadi kebahagian bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Lampung. Pasalnya, lima SMK di Sai Bumi Ruwa Jurai ini, dianugerahi penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Penghargaan untuk Bidang Mesin dan Teknik Industri (BMTI), ini diberikan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Kemendikbudristek, di Cimahi Bandung, Jawa Barat, Rabu, 27 Desember 2023.

Kemdikbud Berikan BBPPMPV BMTI Award Kepada 5 SMK Di Lampung

Kemdikbud Berikan BBPPMPV BMTI Award Kepada 5 SMK Di Lampung

Adapun lima SMK asal Lampung yang meraih penghargaan BBPPMPV BMTI Award meliputi, SMKN 3 Metro, SMKN 2 Kota Bumi, SMKN 8 Bandar Lampung, SMK Plus Banii Salim Bandar Lampung, dan SMKN 2 Bandar Lampung.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, mengaku bangga lima SMK di Lampung menjadi penerima penghargaan dari 57 SMK dan 8 Industri Dunia Usaha Dan Dunia Kerja (Iduka) di Indonesia.

Penghargaan berskala nasional ini diberikan bertepatan dengan kegiatan Gelar Karya Vokasi BBPPMPV BMTI Kemendikbudristek pada 26-28 Desember 2023. Katanya, penghargaan ini juga menjadi kado indah jelang tutup tahun 2023.

“Saya mewakili teman-teman yang lain mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa SMK Lampung bisa eksis di tingkat nasional,” ujar Edy yang juga Kepala SMKN 2 Bandar Lampung, Rabu, 27 Desember 2023.

Prestasi tersebut, kata dia, merupakan kerja nyata SMK yang tidak lepas atas dukungan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, dan Kepala Bidang Pembinaan SMK Drs. Zuraida Kherustika, M.M.

“Tentunya juga dukungan dari SMK dan warga sekolah se-Provinsi Lampung,” kata Edy yang juga pada kesempatan itu sekolahnya menerima dua penghargaan BBPPMPV BMTI Award.

Melalui penghargaan tersebut, ia berharap menjadi motivasi bagi SMK se-Lampung untuk selalu mengembangkan kualitas pendidikannya, sehingga dapat sejajar seperi SMK di wilayah Pulau Jawa dan sekitarnya.

“SMK di Provinsi Lampung sudah banyak yang bagus dan potensinya besar untuk maju. Mari kita majukan SMK Lampung untuk semakin maju dan menjadi ikon vokasi Lampung yang maju,” tutur dia di Bandung.

Sementara Kepala BBPPMPV BMTI Bandung Supriyono, M.Si, menyampaikan pemberian penghargaan kepada SMK dan Iduka sebagai bentuk apresiasi karena para pihak ini menjadi mitra BMTI dalam peningkatan mutu SMK.

“Kami sangat mengapreasiasi kepada seluruh SMK dan Iduka di Tanah Air yang sudah mendidik generasi muda yang pada akhirnya mampu meningkatkan kompetensi para lulusan dan bisa bersaing di dunia kerja,” kata dia.

Direktur SMK Kemendikbudristek, Dr. Wardani Sugiyanto menyampaikan apresiasi kepada BMTI Bandung yang menginisiasi kegiatan sehingga menjadi motivasi peningkatan mutu SMK, dan penghargaan kepada Iduka yang bermitra dengan SMK. (***)

Lima SMK Penerima BBPPMPV BMTI Award;

1. SMKN 3 Metro sebagai SMK dengan Penggunaan Platform Merdeka Belajar (PMM) Terbaik;

2.SMKN 2 Kota Bumi sebagai SMK Penilaian Pelatihan Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) Terbaik;

3.SMKN 8 Bandar Lampung sebagai

SMK Pelaksana Pusat Belajar;

4.SMK Plus Banii Salim Bandar Lampung sebagai Pelaksana Program Kampanye Sekolah Sehat (KSS);

5.SMKN 2 Bandar Lampung sebagai SMK capaian Tracer Study Terbaik serta sebagai SMK Pelaksana Pusat Belajar.

You May Also Like

About the Author: Beni Pranowo