Pendaftaran PMB Simanila Dibuka 10 Juni 2024

lpmpmalut.id – Pendaftaran PMB Simanila Dibuka, Siap-siap. Bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Lampung (Unila), sebentar lagi penerimaan mahasiswa baru (PMB) khususnya jalur Mandiri akan dibuka.

Tak tanggung-tanggung pada PMB pada tahun 2024, Unila bakal menerima 1.858 mahasiswa baru. Angka itu ternyata 18,93 persen dari total daya tampung mahasiswa yang akan diterima di Unila pada 2024 ini.

Pendaftaran PMB Simanila Dibuka 10 Juni 2024, Unila Terima Mahasiswa Baru

Pendaftaran PMB Simanila Dibuka 10 Juni 2024

Sejumlah mahasiswa yang akan diterima itu akan tersebar di 79 program studi diploma dan sarjana pada delapan fakultas di Unila. Adapun waktu pendaftarannya akan dibuka pada 10 – 28 Juni 2024 mendatang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T, mengatakan pada Seleksi Mandiri Universitas Lampung (Simanila Unila) Tahun 2024, terdapat lima jalur masuk penerimaan.

Secara perinci, mandiri ujian tulis, kelas internasional, kerja sama dan program studi di luar kampus utama (PSDKU), afirmasi (penerimaan mahasiswa perluasan akses pendidikan/3T), prestasi khusus, studi lanjut.

Menurut dia, mandiri ujian tulis merupakan program Simanila 2024 yang seleksinya berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dilakukan oleh Unila.

Kemudian, program kelas internasional pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk menempuh pendidikan pada program sarjana yang berdaya saing secara internasional.

Sementara, jalur kerja sama dan PSDKU merupakan jalur kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan S1 Program Studi Bahasa Lampung.

“Sehingga budaya dan kearifan lokal Provinsi Lampung tidak hilang akibat perubahan global,” ujar Suripto saat konferensi pers terkait PMB Mandiri Unila, di kampus setempat, Jumat, 31 Mei 2024.

Sedangkan PSDKU, lanjutnya, merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Lampung Tengah, dalam rangka memperluas akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat di wilayah kabupaten.

Pada jalur afirmasi PMPAP/3T, merupakan program perluasan aksesibilitas bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu/ miskin tapi berkemampuan secara akademik berasal dari SMA/MA/SMK sederajat di Lampung dan berdomisili di Lampung.

Untuk jalur prestasi khusus merupakan Jalur penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan sastra dan keagamaan.

Terakhir, katanya studi lanjut merupakan jalur PMB yang ingin melanjutkan Studi di Universitas Lampung, khususnya bagi lulusan vokasi (D3) untuk melanjutkan studi ke jenjang Sarjana Strata 1 (S1) di Universitas Lampung.

“PMB di Unila ini berupaya meningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, sesuai dengan prinsip-prinsipnya yang telah dituangkan dalam regulasi,” kata dia.

“Harapannya peningkatan kualitas proses seleksi PMB Unila ini Proaktif (Profesional, Akuntabel, Transparan dan Informatif),” sambung dia.

Ia juga mengharapkan, PMB Unila ini dapat menghasilkan SDM unggul dari para calon mahasiswa untuk terciptanya Indonesia Emas dan mengembalikan marwah Unila sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. (***)

Alur Simanila 2024:

  • * Sosialisasi: Mei-Juni 2024;
  • * Pendaftaran: 10 Juni-28 Juni 2024;
  • * Pendaftaran Khusus PMPAP/ 3T: 10 Juni-17 Juni 2024;
  • * Verifikasi Berkas dan Wawancara: 8-10 Juli 2024;
  • * Pelaksanaan UTBK: 8-10 Juli 2024;
  • * Pengumuman: 16 Juli 2024;
  • * Masa Unduh Sertifikat Nilai UTBK: 6-20 Juli 2024;
  • * Masa Sanggah: 15-20 Juli 2024;
  • * Penentuan UKT dan Proses Registrasi: 16 Juli – 12 Agustus 2024